Skip to main content

Featured Post

Pamula Elegant Blogger Theme

Pamula  merupakan tema personal yang saya desain dengan beberapa referensi, Tema ini dibuat clean dan elegant untuk membuat lebeih fresh serta memaksimalkan fitur dari fungsi blogger agar dapat meminimalisir penggunaan javascript atau json blogger. Tema ini memiliki kecepatan super cepat seperti tema-tema yang saya share sebelumnya, tapi pada tema yang saya buat sekarang terus menggunakan fungsi javascript dan tidak ada jQuery di dalamnya. Kemungkinan kalian tidak akan paham karena terbiasa dengan jQuery. Pada tema ini kalian akan mendapatkan beberapa fitur menarik seperti : Kecepatan Loading Super Ngebut Dengan memiliki loading yang cepat pasti dapat membuat pengunjung menjadi lebih betah sebab tidak perlu cari Artikel serupa meskipun yang disebabkan oleh loading lambat. Saya sudah mencoba untuk mengetest kecepatan dengan bantuan dari GTmetrix dan Pagespeed. Untuk melihat hasilnya bisa cek gambar berikut: Kecepatan loading ini sudah saya test sendiri menggunak

Cara Membuat Halaman Rating Bintang di Blog



Cara Membuat Halaman Rating Bintang di Blog


Rating bintang merupakan sebuah skor review dari website atau situs yang dimana akan ditampilkan pada mesin penelusuran seperti Google dengan menggunakan rating bintang ini dapat membuat pengunjung mengetahui bahwa situs tersebut lebih bagus ketimbang yang lain. Tapi belum tentu yah karena konten is king jadi meskipun menggunakan cara ini tapi konten tidak bagus tetap akan sama saja.

Apakah dengan menggunakan rating bintang ini ada manfaatnya ? tentu saja pasti ada, apa saja manfaat yang akan kalian dapatkan jika memasang rating bintang atau rich snippet ini dan beriku beberapa manfaat yang akan di dapatkan oleh kalian.


Manfaat Menggunakan Rating Bintang di Blog


Manfaat yang akan kalian dapatkan diantaranya sebagai berikut :

1. Membuat Skor SEO Meningkat


Sebuah website atau situs yang unik dapat membuat Google tertarik tapi dengan tidak menyalahi peraturan yang dilarang oleh google dan hal yang berbau unik pastinya memang sangat bagus selain berbeda dengan orang lain di mata google mungkin berbeda dengan manusia. Hal tersebut lah yang menjadi penambah SEO untuk situs kalian, tapi saya juga kurang tau kecuali kalau konten yang unik bukan seperti judul atau temanya yah.


2. Membuat Pengunjung Tertarik


Sebuah konten yang terlihat menarik oleh pengguna atau user internet tentu akan membuat mereka lebih tertarik untuk berkunjung ke situs atau blog kalia, karena bagi pengguna internet awam atau baru kenal akan mencari situs yang memberikan konten "terlihat kredibel". Dengan memasang skor review bintang ini akan membuat para pengguna internet lebih berminat membaca artikel kalian. Kenapa bisa begitu ? karena pengguna internet awan biasanya lihat di pencarian google yang terlihat bagus menurut mereka.


3. Membuat Penunjung Organik Meningkat


Dengan adanya rating bintang ini dapat membuat situs web kita menjadi unik dari segi tampilan atau dimata Google dan mampu menarik minat visitor untuk mengunjungi situs web atau blog kalian tentu akan membuat jumlah visitor organik dari google akan meningkat. Dengan adanya visitor organik tersebut akan menjaga kualitas blog kalian dalam berbagai hal kedepannya.

4. Membuat Ranking Artikel Meningkat


Salah satu hal yang di inginkan oleh para pembuat situs web atau blog pastinya ingin artikel yang dibuat berada di page one dan hal ini dapat membuat pengunjung meledak ke situs web atau blog kalian dan jika saya katakan memang tidak mudah untuk mendapatkan rangking teratas pada hasil penelusuran memanglah tidak mudah, kalian perlu melakukan banyak sekali optimasi pada blog maupun artikel yang dibuat.

Tapi belum tentu itu akan langsung mendapat peringkat pertama, perlu waktu bagi artikel kalian agar bisa berada diatas untuk bersaing. Dan dengan adanya rating ini dapat membantu untuk menambah jumlah visitor organik yang tertarik mengunjungi situs kalian tentu akan membuat artikel yang sudah kalian buat naik perlahan rangkinya di hasil penelusuran search engine.

5. Membuat Pendapatan Adsense Meningkat


Kalau ini pastinya banyak yang ingin meningkatkan penghasilan Adsense tapi harus kalian ketahui bahwa hal tersebut tidak mudah karena jikapun mempunyai Adsense tapi tidak ada pengunjung kalian akan mendapatkan penghasilan darimana ? Sebab itu dengan meningkatkan SEO dan menambah rating bintang ini akan membuat pengguna internet tertarik mengunjungi situs kita sehingga rating artikel kita bisa naik dan mendapatkan banyak visitor perharinya dan kita mampus memperoleh pendapatan besar dari Google Adsense.

Cara Membuat Halaman Rating Bintang


Setelah tau manfaat dari rating bintang diatas pastinya kalian ingin mencoba hal tersebut dan menerapkan rating bintang ini ke blog kalian tapi tidak tau caranya bagaimana dan karena itu saya bagikan artikel ini buat kalian.

Seperti biasa saya membuat dua cara seperti artikel sebelumnya dengan kode json-ld dan microdata.

1. Menggunakan Json-ld


Pertama buka Blog > klik Tema > klik Edit HTML

Kedua copy kode berikut > paste kode berikut tepat setelah kode <article>

<script type="application/ld+json">
{
  "@context": "https://schema.org",
  "@type": "WebPage",
  "aggregateRating": {
    "@type": "AggregateRating",
    "ratingValue": "95",
    "bestRating": "100",
    "worstRating": "0",
    "ratingCount": "46"
  },
  "review": {
    "@type": "Review",
    "url": "<data:blog.url/>",
    "author": {
      "@type": "Person",
      "name": "Nama Anda",
      "sameAs": "https://twitter.com/XXXXX"
    },
    "publisher": {
      "@type": "Organization",
      "name": "<data:blog.title/>",
      "sameAs": "<data:blog.homepageUrl/>"
    },
    "description": "<data:blog.pageName/>",
    "inLanguage": "id",
    "reviewRating": {
      "@type": "Rating",
      "worstRating": 0,
      "bestRating": 5,
      "ratingValue": 4.5
    }
  }
}
</script>

Terakhir Simpan tema

2. Menggunakan Microdata


Pertama buka Blog > klik Tema > klik Edit HTML

Kedua copy kode berikut > paste kode berikut tepat setelah kode <article>

<div itemprop='aggregateRating' itemscope='' itemtype='https://schema.org/AggregateRating'>
  <meta expr:content='data:blog.pageName' itemprop='name'/>
  <meta expr:content='data:blog.url' itemprop='url'/>
  <meta content='4.6' itemprop='ratingValue'/>
  <meta content='1299' itemprop='ratingCount'/>
  <meta content='0' itemprop='worstRating'/>
  <meta content='5' itemprop='bestRating'/>
  </div>
<div itemprop='review' itemscope='' itemtype='https://schema.org/Review'>
  <meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; adalah artikel yang bermanfaat dan menarik &quot;' itemprop='description'/>
  <meta expr:content='data:blog.url' itemprop='url'/>
  <meta expr:content='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'/>
  <meta content='id' itemprop='inLanguage'/>
<span style='display:none' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/Person'>
 <b:if cond='data:post.authorProfileUrl'>
  <span>
   <a expr:href='data:post.authorProfileUrl' itemprop='url' rel='author'>
  <span itemprop='name'><data:post.author/></span>
  </a>
</span> </b:if></span>
</div>

Terakhir Simpan tema

Bagaimana untuk melakukan Test rating bintang tersebut ? kalian cukup klik tombol berikut dan tambahkan url blog Anda yang sudah ada rating bintang.


Kode diatas belum saya coba sama sekali, karena saya hanya mencoba untuk versi product saja.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua

Comments

Popular posts from this blog

Dapatkan Template Material X2 Secara Gratis

Template Material X2 adalah template yang dibuat oleh Yasyah Elhakim dan beliau adalah admin dari  elcreativeacademy dan sudah banyak postingan berkaitan tentang Blogger dan Web Development tapi beliau juga merupakan pembuat template yang sangat handal karena dapat membuat template yang bagus yaitu Material X2 ini yang banyak akan kayak fitur tapi disini kita akan ngomongin versi gratisnya bukan yang premium. Yasyah Elhakim membagikan Material X2 Lite secara gratis alias cuma-cuman untuk sobat tapi dengan membedakan fitur pada yang premium karena ini gratis untuk tampilan dan beberapa hal masih sama saja hanya untuk fitur dihilangkan oleh author nya. Template Material X2 ini memiliki desain yang clean serta menggunakan material desain yang bagus bila disebut ini merupakan template yang mirip dengan Developer Goggle karena terinspirasi bisa dikatakan oleh saya. So tampilan yang bagus dan fitur yang keren ini sudah menanti untuk sobat loh jadi dicoba sekarang juga. Download Temp

Cara Buat Tombol Menu Dengan CSS

Membuat Tombol Menu hanya dengan CSS tanpa perlu bantuan dari Icon-icon seperti FontAwesome, Materialicon, Dashicon dll. Berbeda dengan menggunakan Icon kita mengharuskan untuk memasukan salah satu kode dari icon tersebut atau bisa disebut dipanggil kodenya. Jika dengan CSS kita hanya perlu menggunakan Fungsi dari Before dan After jadi dengan menggandalkan fungsi dari Css tersebut kita bisa membuat Tombol Menu atau Close sesuai dengan kreatifitas sendiri. Untuk membuat Menu dengan Css kalian bisa langsung praktekan caranya dibawah ini atau jika ingin disimpan untuk nanti bisa langsung download source kodenya. Cara Buat Tombol Menu Dengan CSS Sebelum ke Tutorialnya kalian harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Sublime (Sebagai Text Editor) Makanan Ringan Kopi Niat Pertama buka Sublime kalian bisa gunakan Text Editor apa saja seterah. Kedua buat file dengan nama "Index.html" lalu simpan file tersebut dimana saja. Ketiga buat struktur HTML atau HTML5

One Piece Pirate Warriors 3 Unlock All DLC

Bagi kalian yang memainkan game One Piece Pirate Warriors 3 pastinya bosan donk kalau Custome karakter yang kalian mainkan itu-itu saja dan tidak ada perubahan sama sekali meski sudah ada tampilan yang berbeda dari setiap karakter karena adanya Custome dari Normal sampai ke New World (Dunia Baru). Disini saya akan membagikan DLC One Piece Pirate Wrarriors 3 yang bisa kalian download secara gratis dan tentu saja DLC ini saya dapatkan dari beberapa Forum luar dan saya sudah saya jadikan satu Folder agar kalian lebih mudah dalam memasang DLC ini. Lantas siapa saja yang dapat DLC pada One Piece Pirate Warriors 3 ini ? DLC yang akan kalian dapatkan pada game ini adalah sebagai berikut : Characters DLC Luffy Samurai Zorro Kimono "Z" Final Battle Nami Wedding Dress Kunoichi Sun Shangxiang Dressrosa Usopp Kimono Sanji Kimono "Z" Final Battle Chopper Kimono Robin Xingcai Kaihime Dressrosa Hancock Diaochan Naotora Ii 3D2Y Tashig